Bagaimana Cara Gadai Emas di Bank Syariah?

Written by  //  January 5, 2012  //  Gadai  //  No comments

Saat ini kita dapat memilih beberapa tempat untuk gadai. Diantaranya adalah:
1. Pegadaian
2. Bank-Bank Syariah
3. Perusahaan swasta

Dalam artikel ini kita akan membahas gadai emas di Bank Syariah. Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya mereka memiliki konsep dasar yang sama. Prosedurnya cukup mudah untuk menggadaikan emas anda di bank. Anda tinggal membawa emas (boleh dalam bentuk perhiasan atau emas batangan) anda ke Bank Syariah yang menyediakan jasa gadai Emas Syariah. Kemudian emas Anda akan di taksir oleh juru taksir atau petugas bank tersebut. Biasanya maksimal pinjaman yang dicairkan sebanyakan 70 – 90% dari nilai taksiran emas Anda.

Setelah menentukan nominal pinjaman, kita akan diberikan informasi perihal lama peminjaman. Pada umumnya peminjaman selalu dibawah 1 tahun, dan memiliki standard 4 bulan. Namun terkadang ada bank yang mampu menyediakan kontrak yang lebih pendek yakni 1 bulan. Tergantung dari ketentuan bank penyedia jasa. Tidak peduli lama kontrak, biasanya bank memberikan kemudahan dalam memperpanjang masa kontrak ketika jatuh tempo.

Anda akan diminta mengisi formulir-formulir yang disediakan dan membayar biaya administrasi. BIaya ini biasa dibayar sekali di awal pengajuan pinjaman. Jika syarat-syarat telah terpenuhi semua, Anda dapat langsung membawa uang pinjaman yang cair saat itu juga.

Demikian konsep secara garis besar untuk menggadaikan emas di Bank Syariah. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.