Tabungan / Gadai Emas BRI Syariah

Written by  //  January 23, 2012  //  Gadai  //  No comments

Bank BRI Syariah saat ini juga menerima gadai.

Ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi dalam memanfaatkan layanan gadai tersebut. Diantaranya adalah :

  1. KTP
  2. Emas yang akan digadai
  3. Biaya administrasi saat menggadai dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Emas 2gr s/d 50gr -> Rp12.500
    • Emas 51gr s/d 100gr -> Rp25.000
    • Emas >100gr -> Rp50.000
  4. Biaya penitipan yang disesuaikan dengan besarnya pinjaman atas nilai barang gadai kita
  5. Kontrak gadai dengan jangka waktu pengembalian pinjaman adalah 4 bulan dan dapat diperpanjang

Perhitungan Peminjaman
Perhitungan peminjaman di BRO Syariah di hitung per 10 hari, jadi dengan biaya perbulan /gr adalah Rp3.780 (simulasi) maka biaya per 10 hari adalah Rp3.780 : 3 = Rp1.260/gr /10 hari. (Sekedar informasi biaya penitipan untuk emas perhiasan lebih besar dibanding emas batangan mengingat nilai emas batangan murni lebih tinggi ketimbang perhiasan yang lebih rendah kadarnya).

Sekarang mari kita ambil contoh kasus yang ada.

Saya menggadai emas batangan seberat 10 gr. Harga emas 10gr saat itu di pasaran adalah Rp.4.500.000. Untuk emas batangan BRI Syariah memberikan taksiran 93% dari harga emas. Tapi harga emas yang taksir biasanya lebih rendah dari harga pasaran. Jadi jika misalnya harga emas per gram dipasaran adalah Rp 450.000 maka BRI Syariah akan menaksir harga emas Anda senilai Rp400.000 (Biasanya bank akan lebih prudent dalam memberikan pinjaman seperti halnya pinjaman rumah)

Dari simulasi tersebut dapat kita jabarkan
1. Administrasi -> Rp12.500
2. Nilai pinjaman maksimal ((Taksiran /gr x 93%) x berat emas) -> Rp3.720.000
3. Biaya penitipan 1 bulan (variatif tergantung bank)-> Rp46.500 (asumsi Bank memberikan 1.25% dari nilai pinjaman. Rate ini sifatnya negotiable)

Dari gambaran di atas jikalau ingin menebus emas yang kita miliki dalam jangka waktu 1 bulan kita harus mengembalikan pinjaman maksimal yang kita terima beserta biaya administrasi dan biaya penitipan (ijaroh) 1 bulan.

Biaya pinjaman akan selalu tetap. Yang bertambah setiap bulan menjadi beban adalah biaya penitipan (ijaroh) tersebut.

Jikalau dalam jangka waktu 4 bulan kita belum sanggup menebus barang kita, maka kita dapat memperpanjang kontrak dengan membayar biaya titip 4 bulan sebelumnya. Jikalau kita tidak sanggup menebus maka bank akan melelang barang jaminan kita, dan mengembalikan uang yang tersisa jikalau memang masih ada nilai (kasus ini terjadi kalau harga emas memang naik dan disertai kenaikan nilai taksir emas pihak bank). Dalam kasus sebaliknya kita dapat ditagih untuk membayar kekurangan. Disinilah letak pedang bermata dua sistem gadai. Oleh karena itu harus diperhatikan baik-baik fungsi dan tujuan kita gadai. Jikalau untuk spekulasi tentu akan menjadi celaka. Untung saat ini pihak Bank Syariah hanya memberikan plafon hingga maksimal 100 juta untuk setiap gadai per nasabah. Hal ini mengurangi resiko nasabah yang menggunakan layanan gadai untuk spekulasi.

Leave a Comment

comm comm comm